f Kegiatan PSN di Wilayah Kerja Puskesmas Kesamben Ngoro ~ ㅤ

Halaman

Kegiatan PSN di Wilayah Kerja Puskesmas Kesamben Ngoro

PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) merupakan program yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) melalui pemberantasan sarang nyamuk Aedes Aegypti yang merupakan vektor penular virus DBD. Puskesmas Kesamben Ngoro, Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang, melaksanakan kegiatan PSN pada hari Jumat di 6 desa, yaitu desa Gajah, Kauman, Kertorejo, Kesamben, Ngoro, dan Sugihwaras.


Kegiatan PSN di Puskesmas Kesamben Ngoro diawali dengan pemeriksaan sarang nyamuk dan pemberian abate oleh petugas kesehatan kepada masyarakat. Selain itu, dilakukan juga sosialisasi kepada masyarakat tentang cara pencegahan dan pengendalian DBD, antara lain dengan membuang barang bekas yang bisa menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk, menutup rapat bak mandi dan tempat penampungan air, serta menggunakan kelambu saat tidur.


Kegiatan PSN yang dilaksanakan oleh Puskesmas Kesamben Ngoro ini diharapkan dapat menekan angka kasus DBD di wilayah kerja Puskesmas Kesamben Ngoro dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan pengendalian DBD. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk upaya nyata dari pemerintah dalam melindungi masyarakat dari penyakit yang berpotensi membahayakan kesehatan.