f PELAYANAN ANC TERPADU PUSKESMAS KESAMBEN NGORO ~ ㅤ

Halaman

PELAYANAN ANC TERPADU PUSKESMAS KESAMBEN NGORO



ANC TERPADU ADALAH
                 Pelayanan ibu hamil (ANC) secara komperhensif dan berkualitas sehingga dapat menurunkan kematian ibu dan bayi. Disamping itu pelaksana pelayanan bersama ibu dan keluarganya perlu melakukan analisis resiko dalam menghadapi kehamilan dan mempersiapkan persalinan. 

Dari hasil analisis tersebut dibahas bersama rencana dan tempat penolong persalinan, calon pendonor darah serta ambulance . 
Hasil dari setiap pemeriksaan kehamilan dicatat dalam kartu ibu,buku KIA, dan KOHORT. Informasi ini akan berguna dalam merencanakan penanganan ibu selama kehamilan dan persalinan sehingga dapat mencegah komplikasi.


Faktor yang berkontribusi terhadap kematian ibu,secara garis besar dapat  dikelompokan            menjadi penyebab langsung dan penyebab tidak langsung,


Penyebab langsung kematian ibu adalah faktor yang berhubungan dengan 
koplikasi kehamilan,persalinan dan nifas,sedangkan penyebab tidak langsung kematian ibu   adalah  faktor faktor yang memperberat keadaan ibu hamil,seperti EMPAT TERLALU 
( Terlalu muda,terlalu tua,terlalu sering melahirkan,terlalu dekat jarak kelahiran).

Menurut data SDKI tahun 2002 sebanyak 22.5% yang mempersulit proses penanganan kegawatdaruratan kehamilan,peralinan dan nifas seperti TIGA TERLAMBAT (terlambat mengenali tanda bahaya dan mengambil keputusan,terlambat mencapai fasilitas kesehatan dan terlambat dalam penanganna kegawatdaruratan)




1.      TUJUAN UMUM
Untuk memenuhi hak setiap ibu hamil memperoleh pelayanan antenatal yang berkualitas sehingga mampu menjalani kehamilan dengan sehat, bersalin dengan selamat, dan melahirkan bayi yang sehat .

2.      TUJUAN KHUSUS
2.1    Menyediakan pelayanan antenatal terpadu, komprehensif dan berkualitas, termasuk konseling kesehatan, dan gizi ibu hamil, konseling kb, dan pemberian ASI.
2.2    Menghilangkan “missed opportunity” pada ibu hamil dalam mendapatkan pelayanan antenatal terpadu, komperhensif, dan berkualtas .
2.3    Mendeteksi secara dini kelainan / penyakit / gangguan yang diderita ibu hamil.
2.4    Melakukan intervensi terhadap kelaianan/ penyakit/gangguan pada bu hamil sedini mungkin.
2.5    Melakukan rujukan kasus kefasilitan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan sistim rujukan yang ada.











UNTUK MENJANGKAU PELAYANAN ANC TERPADU DI PUSKESMAS KESAMBEN NGORO,mendapat dukungan dari  TIGA PILAR DAN TOKOH MASYARAKAT .

Memfasilitasi ibu hamil yang kesulitan mengakses pelayananan ANC terpadu dengan menggunakan MOBIl SIAGA DESA.










 PROGRAM INOVASI IBU ADI SIAGA 

ANC TERPADI DIANTAR MOBIL SIAGA DESA